29 Juli 2010

"Atlantis, The Lost Continent Finnally Found"

Keberadaan Atlantis secara nyata tidak pernah di temukan oleh orang-orang hingga kini, meski penyebutan Benua Atlantis kian gecar dikumandangkan Plato. Dengan sadar, Plato mengungkapkan jati diri Atlantis dalam bukunya "Timaeus" dan "Herkules" yang ia tulis pada tahun 350 SM. Ia mengatakan, Atlantis atau Atlantika adalah sebuah pulau legendaris yang memiliki armada angkatan laut kuat yang mampu menaklukkan Eropa Barat dan Afrika pada sekitar tahun 9500 SM. Namun, menurutnya, benua itu tenggelam kedalam samudera hanya dalam selang waktu satu hari satu malam setelah gagal menyerang Yunani.

Selama era klasik, masyarakat jaman itu juga tak henti-hentinya membahas wilayah Benua Atlantis yang misterius. Namun begitu, pendapat yang bergulir di tengah masyarakat, hanya dianggap sebagai bahan lelucon karena memang pada umumnya tidak ada yang mempercayainya. Uniknya, keberadaan Atlantis sama sekali tidak disinggung oleh masyarakat yang hidup pada era abad pertengahan. memasuki era moderen, cerita Atlantis seakan ditemukan kembali.

Nyatanya uraian Plato yang mengungkapkan tentang Atlantis mampu memberikan inspirasi pada karya-karya penulis pada jaman Renaissance, seperti "New Atlantis" karya Francis Bacon. Atlantis rupanya telah menyihir daya imajinasi manusia sehingga mempengaruhi pembuatan karya-karya literatur moderen, mulai dari fiksi ilmiah, buku komik, hingga masuk ke dunia film.

Akhir-akhir ini merebak kabar yang menyebutkan bahwa indonesia adalah Atlantis yang hilang itu. Kabar itu diungkapkan secara tertulis oleh seorang profesor adal Brazil, Arysio Nunes dos Santos dalam bukunya yang berjudul "Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Difinitive Localization of Plato's Lost Civilization".

Bahkan untuk membuat buku itu, Profesor santos melakukan riset selama 30 tahun. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa Benua Atlantis yang hilang itu memang tenggelam di wilayah Nusantara hingga menyisakan puncak-puncak yang mebentuk pulau dalam sabuk gunung api. Semua itu terjadi pada beribu-ribu tahun silam. Lokasi tempat dimana daratan luas itu tenggelam disebut Ultima Thule, batas yang tidak mungkin dilewati. Ia yakin kalau Atlantis adalah benar-benar berada di Indonesia, tepatnya berada di Sundaland atau paparan Sunda. Namun, penelitian ini tidak sepenuhnya dipercayai oleh masyarakat luas. Jadi, Dimanakah Benua Misterius itu (Atlantis) berada?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar